Senin, 04 Mei 2015

Fakta sejarah bola basket

Fakta Olahraga Bola Basket

inaismi001p1
Olahraga basket yang kita tahu sekarang sudah mengalami proses panjang sejak awal ditemukannnya. Dimulai dari asosiasi bola basket Amerika (NBA) yang mempopulerkannya ke seluruh dunia dengan bintang-bintangnya seperti Larry Bird, Magic Johnson, Michael Jordan, Patrick Ewing, Kobe, LeBron dan lainnya.
Indonesia-pun tidak luput dari demam basket, yang semakin hari semakin kencang. Kompetisi regular pun digelar dan dikelola dengan professional, seperti NBL Indonesia (National Basket Ball League Indonesia). Tayangan basket luar negeri juga dengan mudah kita dapat, dan banyak mempengaruhi cara bermain dan dandanan di lapangan. Diluar pantas apa ngga nya ya….
Berikut ini beberapa fakta tentang olahraga bola basket:
1. Olahraga ini diciptakan oleh seorang guru Amerika, bernama James Naismith pada tahun 1891 di Boston.
2. Ring basket pertama yang diciptakan adalah dari bekas keranjang buah peach.
3. Tahun 1936 adalah tahun pertama olahraga ini resmi di mainkan di Olimpiade Berlin, Jerman.
4. NBA (National Basketball Asociation) yang kita tahu sekarang adalah bentukan dari 2 asosiasi liga yang bergabung yaitu National Basketball League (NBL) and the Basketball Association of America (BAA) sekitar tahun 1949.
5. Wilt Chamberlin adalah pemegang rekor pemain dengan skor terbanyak dalam 1 game: 100 point yang dibuatnya pada 2 Maret 1962. Pada saat itu dia bermain untuk posisi Center di Philadelphia.
6. Pada awalnya bola yang dipakai adalah bola kaki sampai pada ahirnya dibuatkan bolanya sendiri pada tahun 1929.
7. Pertama kali bola basket diciptakan berwarna coklat yang berubah menjadi warna orange agar lebih terang hingga sekarang.
8. Ide awal untuk menambahkan papan pada ring basket timbul untuk menghalangi bola agar tidak jatuh ke penonton.
9. Tahun 1967 ‘slam-dunk’ dilarang, hingga pada tahun 1976 diperbolehkan lagi hingga sekarang.
10. Di Blibli.com tersedia perlengkapan basket untuk Anda pilih, yang datang dari merk-merk terkenal seperti Nike dan Adidas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar